Selasa, 17 Desember 2013

MIE TELOR GAMPANG DAN SEHAT


Yang namanya Mie... anakku sama suamiku paling suka... Tapi rada kuatir juga kalo beli mie instant..Kan tau sendiri, ada pengawetnya...Beli mie telor yang biasa dijual di pasar..kuatir juga..katanya pake air api..ga ngerti juga apaan air api itu..Soda ash kali yaa...
Akhirnya...daripada bingung2 pusing nyari yang jual mie yang sehat, akhirnya...kembali ke Mbah Google..naaah..ketemu deh sama webnya mbak Diana Cahya  ( yang aku kenal dan jadi idola aku karena resep2nya ciamik, cocok sama lidah keluargaku, dan ovennya dioper ke aku pas ikutan NCC Garage Sale..) Seneng banget, bisa kenalan sama orang2 yang ga pelit ilmu.. Dibawah resepnya plus linknya yaa..


Mie Mentah ala Diana Cahya  http://www.dianacahya.com/2011/10/16/yuk-bikin-mie-mentah-sendiri/comment-page-1/#comment-6329

Bahan  Mie :
~ 1 kg tepung terigu protein tinggi
~ 4 butir telur
~ 200 cc air (masukkan perlahan2. sambil adonan diuleni) ( kalo aku ga langsung semua airnya..sedikit2 sampe dirasa cukup, pernah jadi lembek soalnya..ga tau kenapa deeh..)
~ 1 sdm peres garam (jangan sampe 1 sdm muncung ntar mienya keasinan lagi :D )
Cara :
~ Uleni adonan sampe kalis benar dan permukaan halus.
~ Tipiskan dengan adonan mie dari ukuran yang terbesar, sampe ukuran yang dikehendaki, (jangan lupa beri tepung sagu/kanji di sela2 menipiskan adonan) cetak di cetakan mie.
~ Bubuhkan tepung sagu pada mie, supaya mie tidak lengket satu dengan yang lain.
~Masukkan ke dalam plastik agar mie tidak kering dan letakkan di refrigerator utk stok selama 1 bulan.

TIPS dari Mbak Diana Cahya :
~ Bila ingin mengolah mie, keluarkan mie dari refrigerator.
~ Siapkan air mendidih dengan 1 sdm minyak sayur.
~ Masukkan mie dalam dalam keadaan beku (mie akan memuai saat dimasukkan ke dalam air mendidih)
~ Tarik2 mie dengan garpu agar mie tidak menggumpal
~ Sebaiknya air tidak pas2an, agar mie mengembang sempurna.

naah..buat pengolahan Mienya..suka2 deh mau dibikin apa..kalo aku bagian bikin mie mentahnya..naah, bagian bikin bumbunya bagian suamiku, yang ga pernah ngasih tau bumbunya apa aja...Soalnya kalo bikin pasti waktu aku lagi keluar rumah..pulang2 udah mateng aja..aku tinggal makan... xixixi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar