Kamis, 07 Agustus 2014

SPONGE CAKE TANPA EMULSIFIER



 Dapet resep ini..tapi lupa punya siapa resepnya...Lagi pengen ngemil cake yang ga pake emulsifier alias pengembang..beres googling dapet resep ini..dan langsung di eksekusi..hasiilnya..enak juga, cuma ga seringan kalo kita pake emulsifier kuenya..Lebih padet gitu, entah karena aku yang bikinnya kurang canggih gitu yaa..hahaha..tapi enak kok kuenya..Papa aja abis berapa potong begitu mateng cakenya.. padahal paling bawel biasanya masalah cake begini..:D


SPONGE CAKE TANPA EMULSIFIER
 bahan:
 4 butir telur
 100gr gula pasir
 1/2 bgks vanili
 100gr tepung segitiga
 50gr mentega
 cara:
 Siapkan baskom besar isi dengan air panas. kemudian siapkan baskom yang lebih kecil dari tadi,rendam didalam baskom besar tersebut. masukan telur dan gula kemudian kocok dengan mikser secara bertahap. pertama dengan kecepatan 1, setelah gula larut naikkan kecep mikser jadi 2, setelah 3 menit, naikkan menjadi 3. kegunaan baskon berisi air panas tersebut adalah untuk membantu supaya telur bisa mengembang dengan baik. setelah telur mengembang kecilkan mikser menjadi satu kemudian masukkan tepung, setelah rata, masukkan mentega yang telah dicairkan (untuk mencairkan mentega dengan api kecil saja supaya minyaknya tidak memisah). Aduk perlahan kembali dengan spatula sebentar saja. lalu tuang kedalam loyang tulban dia. 18 cm dan panggang.
 Catatan:
 untuk sponge cake tanpa emulsifier, maksimal telur yang saya gunakan adalah 4, kalo lebih dari itu, tidak berani, takut tidak mengembang karena mikser yang saya gunakan hanya hand mikser saja. Jadi kalo mau buat banyak, buatlah per resep saja jangan sekaligus.
 Dan juga langsung panaskan oven pada saat kita akan mulai mikser, sehingga pada saat adonan siap bisa langsung dioven, karena adonan tanpa emulsifier tidak bisa menunggu diluar oven bisa bantat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar